Hama dan Penyakit Jamur Tiram


Hama

Hama yang paling sering ada di areal peletakan baglog yaitu tikus, kecoa, cacing, tungau, kumbang dan larva lalat (belatung). Binatang dan serangga ini disebut hama karena dapat mengganggu baglog, misellium atau pertumbuhan jamur.

Insektisida merupakan bahan yang paling efektif dalam menanggulangi hama-hama yang mengganggu. Namun kandungan bahan ini tidak ramah lingkungan dan dapat mengendap pada tubuh buah jamur. Oleh karena itu, penggunaan zat ini tidak dianjurkan. Ada baiknya mengganti dengan obat alami yang diracik dari tumbuh-tumbuhan seperti bawang putih, mindi atau mamba (nimba).

Namun demikian langkah terbaik untuk memerangi hama yaitu dengan pencegahan. Cara-cara pencegahan dilakukan dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan ventilasi jendela rumah jamur. Lubang ventilasi dilengkapi dengan jarring-jaring kasa untuk mencegah masukknya serangga, menggunakan perangkap serangga (insect trapping) atau meletakkan tanaman repellant (penolak serangga) pada beberapa titik.

Penyakit

Penyakit merupakan mikroorganisme yang merugikan pertanaman jamur. Penyakit dapat dibedakan menjadi bakteri atau cendawan. Serangan penyakit dapat terjadi pada baglog yang disebut kontaminasi dan pada tubuh buah.

Cendawan yang menyerang baglog diantaranya Mucor, Aspergillus, Penicillium, dan lainnya. Kontaminasi baglog ditandai dengan warna yang berbeda seperti warna hijau akibat serangan trichoderma (penyakit green mold).

Serangan penyakit ini dapat disebabkan lingkungan yang tidak bersih, saat sterilisasi yang tidak sempurna atau proses inokulasi yang tidak aseptik / steril. Kesalahan inokulasi dapat mengkibatkan penyakit masuk ke dalam baglog dan menghambat pertumbuhan jamur.

Penanggulangan penyakit dapat dilakukan dengan memisahkan baglog tercemar / kontam dengan yang sehat. Hal ini dilakukan untuk menghindari perpindahan / tertular dari baglog kontam. Pada tingkat serangan dalam kumbung yang sangat tinggi perlu dilakukan fumigasi (penyemprotan seluruh ruangan dengan fungisida) dan pembakaran baglog kontam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: