Kumbung: Rumah Produksi Jamur


Kumbung merupakan suatu bangunan yang disiapkan untuk memproduksi atau membudidayakan jamur pangan komersial. Bangunan ini pada umumnya terbuat dari bambu dengan dinding anyaman (gedeg) dan atap daun kelapa (ateup). Bangunan terdiri dari beberapa ruangan yang difungsikan dengan kegiatan yang berbeda, diantaranya:

Ruang Persiapan

Ruangan ini dipersiapkan untuk kebutuhan pembuatan media tanam. Kegiatan pada ruang persiapan antara lain pengayakan, pencampuran, pewadahan, dan sterilisasi. Ruangan ini dapat pula sebagai tempat menyimpan bahan mentah seperti serbuk gergaji, bekatul, kapur dan gips. Namun apabila skala produksi sudah dapat dikatakan besar, sebaiknya bahan baku ditempatkan pada ruang tersendiri.

Ruang Inokulasi

Ruangan ini digunakan untuk menanam bibit jamur pada media tanam atau baglog. Disain ruang inokulasi harus dibuat agar mudah dibersihkan dan disterilisasi untuk mencegah kontaminasi oleh organisme lain. Ruang inokulasi sebaiknya tidak terdapat banyak ventilasi. Ventilasi yang ada akan lebih baik jika dilengkapi kawat kassa untuk mencegah masuknya serangga dan debu yang dapat membawa kontaminan (penyebab kontaminasi). Ruangan ini disterilisasi secara berkala dengan menyemprotkan larutan formalin 2% ke seluruh bagian ruangan.

Ruang Inkubasi

Ruang inkubasi digunakan untuk penyimpanan baglog setelah ditanam bibit. Inkubasi dimaksudkan untuk menumbuhkan misellium jamur sebelu dipindahkan ke ruang produksi atau growing. Apabila misellium telah menutupi seluruh bagian baglog, pemindahan ke ruang produksi dapat dilakukan. Ruangan ini sebaiknya diatur pada suhu 22-28oC dan kelembapan 60-80%.

Ruang Penanaman / Produksi / Growing

Ruang ini digunakan untuk menumbuhkan tubuh buah jamur dan biasanya baglog-baglog yang akan ditumbuhkan disusun pada rak-rak. Kondisi ruang penanaman diatur pada kisaran suhu 16-22oC dan kelembapan 60-80%. Pengaturan kelembapan dan suhu optimum bagi pertumbuhan jamur diperlukan alat sprayer atau pengkabut.

Ruang Pembibitan

Ruang ini digunakan khusus untuk memproduksi bibit. Ruang ini merupakan ruang opsional atau sesuai kebutuhan dan keberadaannya akan lebih efektif bila skala produksi jamur sudah besar. Bagi petani skala kecil, ruang pembibitan tidak begitu penting.

About these ads

8 Tanggapan

  1. assalamualaikum……………
    saalam kenal aku dari cianjur sangat terkesan sekali akan budidaya jamur yang bapa geluti,namun yang menjadi kendala aku tak tahu caranya mungkin saya bisa belajar cara bertani jamur ?
    bagaimana cara penjualannya ?
    mohon penjelasan nya
    terimakasih

    • Wa’alaikumsalam…
      kami ada paket pelatihan 2 hari dengan bonus konsultasi bebas selamanya, termasuk pemasaran.
      materi yang kami tawarkan sangat lengkap, budidaya dan pembuatan bibit secara kultur jaringan. Pelatihan berupa teori dan praktek langsung.
      hanya dengan 1 juta rupiah.
      terima kasih….

      • Ass wr wb ,
        Kapan dan dimana ada lagi pelatihan teori dan praktek ?
        Wass wr wb

  2. [...] kumbung dilakukan untuk menghasilkan keadaan seperti kondisi optimum pertumbuhan jamur tiram. Namun sering [...]

  3. [...] 4. Kalau anda punya rumah kosong tidak berpenghuni, bisa dijadikan kumbung… [...]

  4. [...] Sarana dan Prasarana Budidaya *Lokasi dan Lahan *Kumbung Jamur *Bahan Baku *Kelengkapan Penutup Muka [...]

  5. [...] dilakukan untuk menghindari perpindahan / tertular dari baglog kontam. Pada tingkat serangan dalam kumbung yang sangat tinggi perlu dilakukan fumigasi (penyemprotan seluruh ruangan dengan fungisida) dan [...]

  6. [...] kontaminasi, jangan anggap sepele sesuatu yang kecil dan sederhana karena bisa saja jamur tiram di kumbung anda luluh lantak tak [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: