Perkenalan Sebuah Awal Bisnis Jamur


Kira-kira 5 bulan terakhir saya tertarik dengan peluang usaha jamur konsumsi. Menurut teman yang telah mendahului saya memulai bisnis ini, peluang pasar masih terbuka lebar. Mungkin karena saking seringnya saya bermain dengan teman-teman (Pak asep dan Aji) dan yang dibicarakan selalu mengenai jamur, lambat laun berkecambahlah spora ketertarikan. Namun saya tidak langsung terjun di dunia ini, bisnis ini memerlukan modal dan saya saat itu belum memilikinya.

Kami bertiga dikatakan ex usahawan tanaman hias, walaupun sebenarnya saya sendiri tidak rela melepas pekerjaan yang pernah menghidupi saya ini. Apa boleh dikata kalau tidak dapat lagi sektor ini diandalkan kami mencoba cari peluang baru. Ketertarikan kami merapat pada usaha jamur konsumsi yaitu jamur tiram (Pleurotus ostreatus).

Pak Asep dan Aji bermitra di usaha budidaya dan pengolahan. Produk jamur tiram yang telah dikembangkan yaitu jamur tiram krispi. Usaha yang solid karena ada hulu dan hilir. Jamur hasil budidaya sebagian diolah untuk bahan baku jamur krispi dan sebagian lagi dipasarkan ke pasar. Kalau sekarang dipikir-pikir sungguh nikmat memiliki usaha sendiri tanpa tergantung sama orang lain atau disuruh-suruh menjadi bawahan orang lain…

Mengingat lagi kebelakang, saya sudah 4 tahun lebih mengenal Ibu Elis, beliau pula yang mempercayakan banyak hal kepada saya dan kemudian saat inilah keinginan saya berbisnis jamur memiliki titik terang. Ibu Elis tertarik untuk membuka unit produksi jamur tiram putih si salah satu rumahnya.

Tindak lanjut keseriusan ini dimulai dari pelatihan personal. Ternyata Ibu Elis memiliki kenalan yang cukup kompeten di perjamuran konsumsi ini. Berkenalanlah saya dengan Pak Engkus dan Pak Dani. Beliau-beliau ini dengan ringan mengajarkan saya seluk beluk jamur, mulai dari pembibitan hingga pasca panen.

Alhamdulillah, blog ini insyaAllah menjadi penyambung silaturahmi antar pengusaha jamur baik skala kecil maupun besar. Dan insyaAllah blog ini menjadi acuan perkembangan pengetahuan kami dan saya khususnya mengenai jamur konsumsi karena tidak menutup kemungkinan usaha yang akan saya rintis ini mencakup semua jamur yang dapat dimakan. Amien….

Rachmatullah, S.P

%d blogger menyukai ini: