Bahan-bahan Baku Media Tanam Jamur Tiram


Media merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan keberhasilan budidaya jamur. Pemilihan bahan yang cocok bagi pertumbuhan merupakan kunci sukses.

Jamur pangan pada umumnya tumbuh pada media kayu walaupun ada Namur yang dibudidayakan di atas jerami yaitu jamur merang. Oleh karena itu, bahan pokok yang digunakan untuk budidaya jamur kayu yaitu serbuk gergaji kayu.

Berikut ini uraian komposisi media jamur tiram putih:

Serbuk Kayu

Bahan ini merupakan bahan dasar pembuatan media tanam (baglog). Serbuk kayu mengandung beragam zat didalamnya yang dapat memacu pertumbuhan atau sebaliknya. Zat-zat yang dibutuhkan jamur untuk tumbuh yaitu karbohidrat serat dan lignin. Sedangkan zat yang dapat menghambat pertumbuhan yaitu zat metabolit sekunder atau yang umum dikenal sebagai getah dan atsiri. Dengan demikian serbuk kayu yang yang digunakan hendaknya dari pohon tidak bergetah seperti albasia, randu, meranti dan lain-lain.

Serbuk kayu di Indonesia mudah diperoleh pada pabrik-pabrik penggergajian kayu. Bahan ini sangat melimpah dan belum banyak dimanfaatkan walaupun memiliki kegunaan lain seperti pembuatan papan partikel, gerabah atau genting.

Pemilihan serbuk kayu perlu memperhatikan kebersihan dan kekeringan. Selain itu serbuk kayu yang akan digunakan haruslah masih segar. Serbuk kayu yang telah lapuk atau busuk ada kemungkinan membawa kontaminan seperti bakteri atau cendawan lain.

Serbuk kayu yang berasal dari kayu keras seperti albasia dan meranti sangat baik untuk mempertahankan bentuk baglog agar tidak berubah. Serbuk kayu yang tercampur oleh minyak atau oli perlu dihindarkan karena akan menghambat bahkan membunuh hifa-hifa jamur.

Kapur

Kapur merupakan bahan baku sebagai sumber kalsium (Ca) dan berguna untuk mengatur tingkat kemasaman (pH) media. Kapur yang digunakan yaitu kapur pertanian (CaCO3). Kandungan kalsium dan karbonnya sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan jamur dan sebagai penyumbang nutrisi pada saat jamur dikonsumsi.

Bekatul

Bekatul merupakan hasil sisa dari penggilingan padi. Apabila diamati bekatul terdiri dari bubuk dan butiran kecil akibat dari pengupasan kulit padi, selain itu bekatul mengandung serbuk kulit padi. Bahan ini telah umum digunakan pada industri peternakan sebagai pakan.

Pada media jamur penggunaan bekatul dimaksudkan sebagai sumber karbohidrat, karbon (C) dan nitrogen (N). Selain itu vitamin B1 dan B2 juga terkandung didalamnya. Bekatul yang digunakan dapat berasal dari berbagai jenis padi dan yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan harus yang masih baru dan belum bau / tengik.

Gips

Gips atau CaSO4 digunakan sebagai sumber kalsium (Ca) dan berguna untuk memperkokoh media baglog. Dalam keadaan kokoh media tidak akan cepat rusak. Namun penggunaan gips disebut-sebut tidak organik dan tidak sehat mungkin karena mengandung senyawa SO4, oleh karena itu gips mulai ditinggalkan oleh petani jamur.

Pupuk

Pemberian pupuk juga merupakan pilihan. Pupuk yang biasa diberikan yaitu urea dan SP-36. pemberian pupuk dimaksudkan sebagai nutrisi pertumbuhan jamur dan dapat mempercapat pemanenan. Selain itu ukuran rata-rata jamur yang dihasilkan lebih besar.

Kelemahan hasil jamur yang menggunakan pupuk yaitu jamur menjadi lebih rentan kerusakan seperti perubahan warna dan masa simpan lebih singkat. Hal ini disebabkan karena kadar air dalam jamur menjadi lebih banyak.

Penggunaan pupuk di luar negeri seperti Taiwan dan Malaysia akhir-akhir ini mulai ditinggalkan. Mereka mulai merubah dan memperlengkap nutrisi bahan media dengan biji-bijian dan bahan organik lainnya. Mereka yakin bahwa jamur yang bernilai gizi tinggi akan lebih sehat tanpa menggunakan pupuk.

About these ads

16 Tanggapan

  1. Info ini lebih lengkap jika di beri cara penanamannya.

    • Terima kasih atas sarannya. memang saya berencana membuat blog ini selengkap mungkin untuk berbagi segala ilmu tentang perjamuran. terimakasih atas kunjungannya..

  2. mas… mau tanya ! medianya menggunakan kapur, saya kurang jelas apakah kapur itu kapur yang digunakan untuk mengecat yang banyak dijual dipasaran. setahu saya kapur yang banyak dijual dipasaran untuk pertanian itu kapur yang dibuat oleh masyarakat untuk cat. mohon jawabannya di email saya mas. atas bantuannya terima kasih.

  3. assalamualaikum………………
    mau cari info benih jamur dimana ya ?

  4. Salam,..
    mau menanyakan, kapan baglog dapat dikatakan rusak? dan kira-kira apa kandungan dari baglog yang rusak?…kemudian baglog yang rusak biasanya diapain?

    • baglog rusak kalau ada tanda tanda:
      berubah warna
      berubah ukuran
      berubah bau
      berubah berat

      baglog rusak dari kandungan lignin yang terurai jadi sederhana karena dimanfaatkan jamur sebagai bahan makanan.
      baglog rusak bisa dijadikan pupuk organik dengan pengolahan bantuan mikroba dulu.

  5. salam .. apa saja bahan pembutan log jamur tiram yg baik kualitas super trim.

  6. itu media tanamnya/baglog bisa dipakai brapa kali?

  7. Salama hormat
    saya rengga di bandung
    yang ingin saya tanyakan apakah sama sich GIPS untuk media jamur dengan GIPS untuk bahan plafon umah..
    dan dimana biasanya Gips itu dijual
    Terima kasih

  8. pak, saya mau tanya apakah budidaya jamur tiram ini bisa dilakukan didaerah gresik ?? yang suhunya panas dan banyak industri, apakah juga akan mempengaruhi hasil dari jamur tiram itu sendiri??
    trims atas balasannya

  9. Mas, saya dari Lampung. disini banyak yg menjual baglog dari serbuk gergajian kayu karet. setahu saya kayu karet bergetah. tapi kok bisa berproduksi? apakah ada cara agar kayu tersebut yg bergetah dapat dipakai? trims.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: